Pelatihan Pembuatan Surimi dan Produk Fish Jelly (Hari Ke-1)

[Dept. THP FPIK Unpad, 29/5] Departemen Teknologi Hasil Perikanan dan UKMF Fortifikasi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Pembuatan Surimi dan Produk Fish Jelly. Kegiatan yang diketuai Ir. Evi Liviawaty, MP tersebut berlangsung selama 2 hari yaitu pada tanggal 20 sampai dengan 21 Mei 2017. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan kali ini tercatat sebanyak 28 orang mahasiswa FPIK berbagai angkatan.

Kegiatan pelatihan ini diadakan untuk membekali para peserta kemampuan teori dan praktik dibidang pengolahan produk olahan perikanan, khususnya surimi dan produk fish jelly. Kegiatan tersebut dibagi menjadi tiga sesi untuk 2 hari kegiatan. Pada hari pertama kegiatan yang dilakukan adalah pemaparan materi oleh narasumber dan pembuatan surimi. Kegiatan hari kedua adalah pengolahan surimi yang telah dibuat menjadi kamaboko, nugget dan keong mas.

Pemberian materi disampaikan oleh dua orang narasumber yaitu Dr. Ir. Eddy Afrianto, M.Si dengan judul “Potensi dan Perkembangan Prduk Fish Jelly Sebagai Pangan Bermutu” dan Ir. Evi Liviawaty, M.P dengan judul “Bahan Baku Ikan dan Produk Fish Jelly yang Bermutu”.  Pada setiap pemaparan materi dilakukan sesi diskusi antara peserta dengan narasumber.

Pembuatan surimi dibimbing langsung oleh ketua pelaksana dan didampingi oleh empat orang instrukstur. Kegiatan ini dilakukan di Laboratorium Pengolahan Hasil Perikanan FPIK UNPAD. Peserta dilatih untuk membuat surimi sesuai dengan standar operasional prosedur. Mulai dari pemilihan jenis ikan, penyiangan dan pengambilan daging ikan hingga pengolahannya menjadi surimi. Ikan yang digunakan adalah Ikan Cunang yang didapatkan langsung dari TPI Indramayu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *